• Jelajahi

    Copyright © Harian 7 Kendal
    www.harian7.com

    Adv

    Haul Pendiri Desa Laban Kangkung Rutin Diadakan Tiap Tahun.

    Reporter : A Khozin
    Sabtu, 22 Mei 2021, 3:12:00 PM WIB Last Updated 2021-05-22T08:15:20Z


        Kades Desa Laban, Adibul Farrah SH.


    KENDAL, harian7.com. Warga Desa Laban, Kangkung, Kendal mengadakkan ritual syawalan dengan ziarah ke makam Mbah Cowiguna dan Mbah Sakban.


    Dalam arahanya, Kades Laban Adibul Farrah SH, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sudah menjadi bagian dari tradisi warganya, dengan mengadakan haul kepada tokoh yang di anggap sangat berjasa kepada desanya, seperti mbah cowiguna dan mbah sakban ini. 


    "Haul ini diadakan guna memperingati kematian seorang yang di anggap tokoh oleh masyarakat, biasanya diadakan setahun sekali dengan tujuan utama untuk mendoakan ahli kubur agar semua amal beserta ibadah yang dilakukannya dapat diterima oleh Allah," terang Kades adib, Jumat, 21/05/21.


    Ditambahkan Kades, Mbah Cowiguna dan Mbah Sakban diyakini warga setempat berasal dari kerajaan Mataram sebagai pembawa masuknya ajaran agama Islam serta pendiri Desa Laban.


    Menurut Adib yang juga seorang advokat ini, untuk mengenang jasa-jasa para pendiri desa, kegiatan haul atau Syawalan ini kedepan akan terus diadakan.


    "Ini penting agar masyarakat senantiasa menghormati dan mengenang jasa para sesepuh pendiri desa. Semoga kita diberi keberkahan bersama," harapnya.




    Dalam acara tersebut Adib mengingatkan dan berpesan kepada warganya untuk tetap menjaga kesehatan.


    "Karena ini masih dimasa pademi, bagi warga dan pengunjung mohon tetap jaga protokol kesehatan, demi keselamatan kita bersama," himbaunya.


    Selanjutnya acara di tutup dengan makan nasi ambengan bersama.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +