• Jelajahi

    Copyright © Harian 7 Kendal
    www.harian7.com

    Adv

    Demi Persiapkan Masa Depan Warga Binaan Saat Sudah Bebas, Kalapas Terbuka Kendal, Adakan Pelatihan Barista

    Reporter : A Khozin
    Minggu, 09 Mei 2021, 10:03:00 PM WIB Last Updated 2021-05-12T17:42:43Z


    Kalapas Terbuka Kendal Rusdedy saat membuka acara pelatihan Barista, Minggu 09/05/21.


    KENDAL, harian7.com. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas II B Kendal, menggelar Pelatihan Barista untuk Warga Binaan Pemasyarakatan, Minggu (9/5/2021).


    Acara ngabuburit dilanjut dengan buka bersama tersebut, selain diikuti warga binaan, juga diikuti sipir Lapas beserta puluhan Insan Pers Kendal.


    Menurut Kalapas Rusdedy dalam pidatonya, maksud dan tujuan diadakannya pelatihan ini salah satunya adalah mempersiapkan skill warga binaan saat mereka sudah lepas masa hukumannya.


    "Saat para warga binaan kembali lagi ke masyarakat, mereka sudah punya modal keahlian yang di dapat dari sini, sehingga mereka sudah punya gambaran akan menekuni bidang apa saat mereka bebas nanti," terang Kalapas.


    Ditambahkan, selain mereka bisa berwira usaha, disini juga dibina mengenai pertanian, tambak ikan, kolam ikan, dan aneka tanaman palawija.


    Dengan luas area 107,5 Hektar, Manegement Lapas Terbuka Kendal ini juga mengembangkan kerjasama pola kemitraan dengan masyarakat sekitar, misal dalam hal pertanian, caranya dengan bagi hasil.


    "Masayarakat tidak perlu sewa lahan, cukup dikerjakan bersama, dan hasilnya dinikmati bersama," kata salah satu sipir.


    "Contoh, dalam hal peternakan, masyarakat sekitar, tidak perlu repot-repot beli telur ke pasar, karena di lapas ini punya 2000 ayam yang tiap hari bertelur, harganya pun lebih rendah dari harga pasaran," papar Kalapas dengan bangga.


    "Ada target yang akan di capai dengan pola kemitraan dengan masyarakat sekitar, selain kita bisa mengawasi interaksi warga binaan dengan masyarakat, kita juga ikut membantu penguatan pangan," pungkas Sipir Mahendra.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +