• Jelajahi

    Copyright © Harian 7 Kendal
    www.harian7.com

    Adv

    Sambut Hari Bumi Sedunia, Seluruh Desa Di Kecamatan Kangkung Serentak Bikin Biopori

    Reporter : A Khozin
    Kamis, 22 April 2021, 12:32:00 PM WIB Last Updated 2021-04-22T05:36:02Z


        Camat Kangkung Ardhi Prasetyo S.Sos.


    KENDAL, harian7.com. Dalam rangka menyambut hari bumi sedunia, seluruh desa di Kecamatan Kangkung serentak membuat biopori dilingkungan kantor balaidesanya masing-masing.


    Camat Kangkung, Ardhi Prasetyo kepada harian7.com mengatakan bahwa kegiatan pembuatan resapan biopori ini dalam rangka menindak lanjuti Surat Edaran Bupati Kendal No.660/1141/DLH yang isinya setiap Kepala Desa diminta untuk membuat lubang resapan biopori dilokasi kantor masing-masing.


    "Hari ini diseluruh desa se-Kecamatan Kangkung serentak membuat resapan biopori dalam rangka melaksanakan gerakan sepuluh ribu biopori yang dicanangkan oleh Bupati," kata Camat Ardhi.


            Kades Rejosari AKP Purn.Muhtarom SH.


    Seperti yang dilakukan Kepala Desa Rejosari, AKP (Purn) Muhtarom beserta perangkatnya, mereka terlihat sedang sibuk membuat resapan biopori, menurutnya, pembuatan resapan biopori ini dimaksudkan sebagai upaya untuk menanggulangi banjir disaat hujan, serta sebagai sumber air diwaktu kemarau.


    "Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah," Terang Kades yang mantan perwira Polda itu.


         Kades Laban, Adibu Farah SH.


    Hal senada juga disampaikan oleh Kades Laban, Adibul Farah, bahwa dirinya bersama perangkat lainya juga membuat puluhan biopori disekitar kantornya.


    "Fungsinya adalah untuk meningkatkan penyerapan air tanah, membantu mencegah terjadinya banjir, mengurangi sampah organik, menyuburkan tanah, dan menyuburkan tanaman dengan kompos yang dihasilkan,"pungkas Kades yang juga pengacara ini.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +